tag -->

Few a note from an ordinary girl.. :)


Minggu, 18 Maret 2012

Penemu Komputer


Siapa penemu komputer? Yang belum tau ni aku kasih tau ya.. 



   Penemu komputer adalah seorang ahli matematika terutama fungsi kalkulus yang bernama Charles Babbage. Ia lahir pada tanggal 26 Desember  1792 di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London. Charles adalah anak dari seorang banker bernama Benjamin Babbage.
   Kemampuannya dalam bidang matematika yang menonjol baru disadarinya setelah Charles memasuki Trinity College di Cambridge tahun 1811. Kelebihan yang dimiliki Charles bahkan jauh lebih baik dari tutornya saat itu. Pada tahun 1816 ia terpilih sebagai anggota "Royal Society"  (organisasi sains dan akademis independen Inggris Raya) dan menjadi salah satu orang penting di yayasan “Astronomical Society" (organisasi Astronomi dan geofisika Inggris raya) pada tahun 1820.....


   Babbage mulai tertarik untuk mengembangkan cara perhitungan matematika secara mekanik , sehingga dapat mengurangi kesalahan manusia yang sering terjadi masa itu. Ia melakukan pengembangan ini karena terinspirasi dari penemu-penemu sebelumnya  dibidang matematika seperti Blaise Pascal. Ia menulis gagasan awal tentang mesin ini dalam bentuk surat yang ditujukan kepada kepada Masyarakat Astronomi Kerajaan berjudul "Note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables" ("catatan mengenai penerapan mesin bagi penghitungan tabel astronomis dan matematis") pada  tanggal 14 Juni 1822.
   Pada tahun 1821 Charles menciptakan Difference Engine, sebuah mesin yang dapat menyusun Tabel Matematika. Tahun 1832 ia justru mendapat ide untuk mebuat mesin yang lebih baik dengan berbagai jenis operasi aritmatika yang dinamakan Analytical Engine dan selesai pada 1856.


analytical engine


   Karya Babbage kurang begitu terkenal sampai 9 tahun kemudian ia bertemu dengan , Luigi Federico Manabrea (seorang insinyur dari Italia) menjelaskan cara kerja Analytical Engine. Karya ini kemudian diterjemahkan dan ditambahkan notes oleh   Ada Lovelace. Mulai saat itu karya Charles mulai dikenal.  Karya Charles tersebut mendapat perhatian Howard  H. Aiken .
   Dengan kerja sama bersama IBM, Aiken tergerak untuk menyelesaikan rancangan komputer oleh gagasan Babbage sehingga Aiken sanggup membuat Mark 1, komputer pertama untuk segala kebutuhan. Dua tahun kemudian ilmuwan lainnya menyelesaikan ENIAC , mesin elektronik pertama. Sejak itu, perkembangan teknologi berkembang sangat pesat.
  Pada tahun 1828 smapi 1839 Charles Babbage mendapat gelar The Lucasian Chair of Mathematics dari Universitas Cambridge. Selain mesin hitung, Charles Babbage juga memberikan konstribusi lain, seperti  menciptakan sistem pos modern di Inggris dan juga menyumbangkan ide-idenya dibidang ekonomi dan  politik. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Musium Sains London
   Dibalik seluruh keberhasilannya, Charles mempunyai kekecewaan yang besar diakhir hidupnya karena beberapa kegagalan dalam pembuatan mesin hitung dan kegagalan bantuan pemerintah kepadanya. Charles Babbage meninggal pada 18 Oktober  1871 dan meninggalkan 9 anak.
   Charles Babbage adalah salah satu orang yang memiliki rumusan penting dalam perkembangan teknologi di dunia. Sudah sepatutnya kita  mencontoh keuletan dan kerja keras dalam perjuangannya untuk bisa mengembangkan kemajuan teknologi hingga bisa menemukan sesuatu yang sampai sekarang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan  manusia.
   


4 komentar:

  1. nice blog Rahma, ceria seperti yang punya :) teruskan nulis ya... satu lagi, tulisan di komentar ko ga keliatan, mungkin bisa diberi warna yang jelas :)
    Bu Heni

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. makasih bu :) Ya bu nanti coba aku ganti. :D

      Hapus